Laman

Minggu, 12 September 2010

Foto gerhana cincin 2009

Sepanjang siang hari Jakarta diliputi awan. Rencana kepingin memotret jadi terhambat dweh ! Namun jangan kuwatir, kita beruntung ada kawan dari India dan dari Jakarta yang ingin berbagi apa yang mereka lihat melalui kameranya dengan kita.
Penampakan Gerhana matahari cincin dari India. Sumber (Reuters/Rupak De Chowdhuri)

Tunggu kejadian yang sama pada tahun 3043

Gerhana kali ini merupakan gerhana Matahari Cincin terlama dalam abad ini. Gerhana ini berlangsung selama 11 menit, 8 detik. Menurut NASA tidak akan terjadi lagi hingga 23 Desember 3043.  “Cincin” Matahari ini terlihat dalam rentang yang pendek di Afrika Tengah, Maladewa, India selatan, Sri Lanka utara, bagian dari Myanmar dan Cina. Di Afrika, Timur Tengah dan Eropa Timur, ini  menjadi gerhana parsial, kata NASA.
Dari beberapa tempat di Indonesia nampak seperti di bawah ini :
Foto diambil oleh Abdul Cholik dari Chennai India
Anda mau berbagi dengan rekan-rekan di Indonesia ? Kirimkan saja lewat  email foto yang diambil di Indonesia, kirimkan ke rovicky@gmail.com sebutkan dimana anda memotretnya dan pada pukul berapa. Nanti kita berbagi di sini.
M Affandi salah satu manager di INDOSAT, mengabadikan Gerhana Matahari Cincin ini dari gedung Indosat di Jakarta.
Diamati dari roof top (puncak gedung) Indosat di Jakarta. (15 Jan 2010)
Sedangkan dari Bandung bentuknya mirip seperti dari Jakarta. Dapat dilihat dibawah ini.
Foto Gerhana Matahari 15 Januari 2010
Pengamatan gerhana matahari 15 Januari 2010. Pengamatan sulit karena awan hampir selalu menutupi matahari. Foto ini diambil jam 15:33 WIB. (Waskita, Bandung) http://www.ee.itb.ac.id/~waskita/
Ketika berada dibalik awan Akan nampak lebih dramatis seperti dibawah ini.
Foro diambil oleh Abdul Cholik dari Chennai India
Kalau pun anda belum beruntung dan tetap menginkan melihat secara langsung maka kesempatan anda untuk melihat dari Indonesia bisa dilakukan pada tanggal9 Maret 2016
Solar Eclipse 29 January 2009 from Kuala Lumpur, Ini saya ambil setahun yang lalu.

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Bagi yang belum berkesempatan menyaksikan gerhana kali ini, insya Allah tahun 2016 bisa menikmatinya. Karena menurut perhitungan akan ada Gerhana Matahari Total – GMT melewati kota-kota besar Indonesia sepanjang jalur dibawah ini.
gmt_9maret2016
Kota-kota yang akan dilewati gerhana matahari total (GMT) pada tanggal 9 Maret 2016 nanti.
Nah pemerintah daerah yang dilewati sabuk gerhana matahari total ini semestinya sudah dapat mulai bersiap-siap dari sekarang. Salah satunya dengan mengiklankan bahwa daerahnya akan dilewati gerhana matahari total di tahun 2016. Bisa jadi, kota-kota ini akan menjadi tujuan wisata astronomi yang menarik. Mempersiapkan lokasi pengamatan, yang mungkin disertai dengan suguhan budaya lokal. Dan yang paling penting promosi wisata yang dukung oleh pelayanan.
Bacaan terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar