Laman

Senin, 13 September 2010

GERHANA MATAHARI TOTAL 1983 DI INDONESIA



Berikut informasi gerhana tsb. Gerhana Total jenis Gamma -0,4947,yang besarnya 1,0524,lama durasi gerhana 5 menit 11detik. Koordinat pada 6.2S 114.2E,dengan luas 199 km. Berikut peta jalur gerhana tersebut
File: SE1983Jun11T.pngGerhana dimulai dari samudra hindia,melalui Kota Yogyakarta dan Semarang.Pantai utara jawa (geraha ter baik),ujung Kalimantan Timur,sebagian Sulawesi,Maluku,meewati Irian dan Papua nugini,dan berakhir di sebelah timur laut  Australia.Gerhana tersebut akan terjadi di tempat yang sama (namun akhir gerhana pada tempat berbeda ) pada tahun 2252.
 Di abad modern ini masih ada masyarakat di beberapa daerah yang percaya dengan mitos raksasa jahat yang menelan matahari; mereka beramai-ramai memukul kentongan, kaleng-kaleng, dan bunyi-bunyian lain untuk menakut-nakuti si raksasa jahat hingga ia mau memuntahkan kembali matahari yang tadi ditelannya itu.

Juga ada semacam ketakutan yang berkembang dalam masyarakat kita dulu, bahwa berbahaya sekali bila keluar rumah saat terjadinya gerhana matahari. Tetapi dengan berkembangnya ilmu pendidikan dan ilmu pengetahuan di era informasi ini, hal itu diharapkan sudah tidak ada lagi. Lihatlah para astronom maupun peminat astronomi dari seluruh penjuru dunia yang berbondong-bondong datang ke Indonesia hanya untuk menyaksikan peristiwa langka ini, yang mungkin terjadi sekali seumur hidup mereka.

Apa tahun 1983 kamu sudah lahir? Kalau belum, berarti kamu belum pernah mengalami gerhana matahari total dalam hidupmu. Atau kamu masih kecil, jadi belum mengerti apa-apa waktu itu? Tapi jangan kecewa dulu, kamu bisa kok mengalaminya dan menyaksikannya nanti. Tak lama lagi, tepatnya pada hari Rabu, tanggal 9 Maret 2016. Beruntung bagi kamu yang tinggal di Samarinda, Balikpapan, dan Tanah Grogot, karena gerhana matahari total tepat melewati kotamu. Juga beberapa daerah lainnya seperti Sumatera Selatan, sebagian Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur bagian selatan, Kalimantan Selatan bagian utara, dan sebagian Sulawesi Utara. Jadi bersiap-siaplah menunggu kedatangan gerhana matahari total di kotamu pada tahun 2016 nanti.

Kamu dapat melihat lintasan gerhana matahari total yang akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 nanti dengan mengklik tautan di bawah ini.BERIKUT ADALAH VIDEO GERHANA TOTAL YG DIMBIL DARI DAERAH PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA.

http://eclipse.gsfc.nasa.gov/SEplot/SEplot2001/SE2016Mar09T.GIF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar